Diterima UI - UGM di Tahun Pertama : Tentang Ambisi dan Realita (Part 2)

THE DAY! SBMPTN 2017, I AM COMING!


Cepet banget pikir gue, segala usaha gua bener-bener dipertaruhkan dalam SATU HARI. Ini lebih kejam dari UN 4 hari yang menentukan kelulusan (dulu). Gua berdoa pada Tuhan terutama minta supaya gue dapet soal yang gua kuasai. Gua memasuki ruangan dengan deg-degan gak seperti ikut TryOut biasanya. Sesi pertama TKPA. Gua tipikal orang yang kalo ngerjain SBMPTN dikit dengan akurasi gak dikit. Kalo ragu atau misal ada kata yang “ambigu” biasanya gua lewatin. Awal ngerjain TPA tangan gua gemeter, gua cuma kerjain 38 dari 45 soal. Lanjut Matdas, kali ini gua lebih bisa ngontrol buat gak gemeteran. Gua mengerjakan matdas 2 soal aja dulu yang penting gaada mapel kosong mengingat gua ga begitu belajar matdas.  Matdas selesai, lanjut ke Bahasa Indo dapet 12, lalu Bahasa Inggris dapet 11. Soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris SBMPTN menurut gua ga seambigu TO yang sering gua lewatin sih jadi gua pede aja.

Sesi 2 TKD Soshum dimulai. MASALAH MUNCUL! Doa gue gak dikabulin. Gak tau kenapa gua ngerasa antara gue apes dapet kode soal susah atau memang cuma gua yang gabisa jawab. Gue tau engga blank, tapi tetep rasanya semua usaha gua gaada artinya pas ngebuka mapel pertama. SEJARAH. DALEM BANGET GILA! Gue gak kuat. Antara banyak jawab tapi takut salah atau dikit jawab yang bener bener yakin aja, gua pilih opsi kedua. Alhasil gua cuma bisa ngerjain 6 Soal Sejarah. Gila enggak tuh?

Berharap keajaiban di mapel lain, gue buka Geografi, LEBIH PARAH. Isinya pengetahuan umum semua. Gua inget satu soal kurang lebih gini “Berdasar letak sumber air, lokasi tambak garam yang baik adalah?” WHAT? Lo kira gua petani garem. Oh iya, jangan pernah jawab Geografi pakai logika kalo lo gak tau sama sekali materinya, karena biasanya salah.Ga jauh beda dari sejarah gua jawab 7 DOANG. Makin pesimis, gua selalu megang kepala selama SBMPTN pertanda gue PUSING dengan kenyataan yang gua hadapi.

Lanjut SOSIOLOGI. Seperti biasa, soalnya merupakan perpaduan antara materi dengan hati nurani. Ada juga tipe soal yang nyebutin nama orang dan teorinya dan pasti gua lewatin berdasarkan tips dari Zenius, karena menghafal gituan sama sekali gak efektif. Sosiologi dengan segala jebakan dan keambiguannya akhirnya gua jawab 9 yang yakin aja.

Lanjut ke Ekonomi, GUA BERSYUKUR soalnya gak sesusah kayak 2 mapel awal, gua jawab 11 soal yang yakin aja. Selesai Ekonomi, masih ada waktu sebelum dikumpulkan gua coba analisis lagi Sejarah ama Geografi. SUMPAH INI MAH DIKIT BANGET NAMANYA. Gua jadi inget ada cerita anak yang udah mati-matian persiapan SBMPTN tapi tetap engga lulus, mungkin salah satu faktornya karena lagi apes dapet kode soal susah. Gue coba berpikir positif, “Kalo soal gua susah pasti soal yang lain susah dong”, sampai pulang - pulang gua dapet ginian..."


Gue gak pernah se-down ini dalam hidup gua. Gue berpikir semua usaha gua, prestasi TryOut gue, semua ga ada artinya. Gak lupa gua mikir ke diri gua.

“Kalo udah ditakdirkan goblok, yaudah goblok aja, mimpi kok ketinggian”

UTUL UGM 2017



Gue milih Manajemen sebenarnya bukan karena passion kesana. Cuma gue ngerasa kurang sreg aja sama Komunikasi di UGM sehingga gak mau nempatin di pilihan 1. Selain itu, Manajemen prospek kerjanya bagus. Berkaca pada kemampuan, gue pun prediksi sebaik-baiknya gue dalam UTUL, ya gue pada akhirnya bakal lolos di Komunikasi. Manajemen adalah jurusan super ketat yang gak mungkin bisa gue masukin.
 
BACK TO TOPIC
UTUL UGM dilaksanakan H+5 SBMPTN 2017. Dari H-5 sampe H-4 gue beneran nge-down dan gak bisa mikir apa-apa. Gue mau belajar rasanya tuh “Percuma lu belajar, toh akhirnya gagal juga”. Sampai akhirnya gua bilang ke ortu..

“Mah, kalo aku ga lulus PTN tahun ini aku ngulang tahun depan boleh?”
“Iya nak, terserahmu, kalo mau cari kerja sampingan juga boleh”

Tiba-tiba gua berpikir dalam hati, “Ngulang? YA KALI GUA NGULANG? Gua udah belajar dari setahun yang lalu selayaknya anak Gap Year, masa gua....NGULANG ?” Walau gua selalu berdoa ama Tuhan buat kasi yang terbaik aja menurut Tuhan, gua gak mau munafik kalo gua masih punya ambisi buat dapetin kuliah tahun ini, pengen banget. Ini artinya gua gabisa terus-terusan sedih kayak gini. Gua masih punya kesempatan. Kalo gabisa di UI, mungkin gua bisa di UGM.

Mulai detik itu, gua bangkit dari SBMPTN yang gua anggap gagal menatap UTUL didepan mata.

CERITA DI JOGJA
GUE KAGET, ternyata bila dihitung ada deh satu bus anak dari SMA gue yang ke Jogja untuk ikut ujian ini. Makin banyak saingan gue! Gue berangkat ke Jogja H-2 UTUL bareng temen-temen kelas yang notabene anak IPA. Waktu itu GUE GAMAU TAU, setiap malam sampai hari-H gua belajar mati-matian terutama Matematika Dasar. Gua gak mau ngulang kesalahan cuma ngisi 2 matdas pas SBMPTN. H-1 gue nganter temen survey lokasi ujian di UGM.


MERINDING EUY! Gue masuk, ke FEB, FISIP, FPsiko, dan semua yang ada di sini bikin gue pengen banget kuliah di sini. Motivasi gue BERLIPAT-LIPAT ketika gue kunjungin langsung kampus impian gue. Feel-nya beda banget dari jaman SMA. Gue ngerasa gak ada alasan buat gue males-malesan di hari itu. Hari "mengantar survey" itu pun berdampak saat malam sebelum tes, gua belajar sampe jam 02.00 dini hari.

KESEMPATAN KEDUA!

 Naik becak ke tempat ujian
Hari-H dimulai. SBMPTN di Bali, jarang banget yang belajar sebelum ujian. UTUL di Jogja? Jarang banget yang GAK BELAJAR sebelum ujian. Menarik sekali. Ujian pertama TKD UMUM. Astaga, belakang gue pake acara PILEK sampe bunyi essreek - essreekkan, manalagi gua lagi ngerjain B. Indo yang butuh konsentrasi tinggi. Akhirnya gua ngerjain B. Indo ama B.Ingg ala kadarnya. Gua buka soal MatDas. Hasil belajar gue selama dua malam bikin gua dapet 7 dari 20 soal. Masih dikit! Mungkin ini batas gue segini doang. Soal MatDas ke-7 menjadi soal TKD Umum terakhir yang gua kerjain karena pengawas udah menyuruh tutup soal dan dia mulai membagikan soal TPA. TPA gue lewatin lancar kecuali sinonim dan antonim karena emang itu pengetahuan umum (gua lemah disini).

Sesi kedua TKD Soshum. Gua liat soalnya dan WOW, FANTASTIC BABY! Gue ngerasa kalo gua nebak di UTUL UGM, kemungkinan benernya lebih besar daripada di SBMPTN. Gua ganti strategi, gua jawab sebanyak-banyaknya kecuali bener bener gue engga tau. Untuk TKD Soshum, gua dapet 52 dari 75 soal. Mungkin sedikit sih menurut kalian yang biasa jawab 60 - 70an soal, namun satu hal yang gue tau, ketika orang-orang nganggep soal UTUL lebih sulit dari SBMPTN, gua nganggep soal UTUL jauh lebih mudah.

MASA MASA PENANTIAN (GABUT)
Ini masa penantian tersulit yang pernah gua alami. Gua bingung mau belajar persiapan ujian mandiri atau diem, gabut, berharap dengan SBMPTN dan UTUL selayaknya orang berharap ama SNMPTN sampe gak belajar sama sekali. Gua pilih opsi kedua. Toh ujian mandiri banyak yang diadain jauh setelah pengumuman SBMPTN dan UTUL. Gua pun mengisi hari dengan diem, kalo ada temen gua ngajak jalan jalan langsung gua iyain (dulu gua selalu nolak dulu dengan alasan masih belajar) gua jadi tau kalo gue orang Bali tapi jarang banget jalan-jalan di negeri sendiri. Oh iya, gua selalu berdoa ama Tuhan buat dikasi yang terbaik. Masa-masa penantian gue pakai buat lebih mendekatkan diri pada Tuhan karena semua hasilnya nanti tergantung kehendaknya. 

DON'T SKIP! IMPORTANT THING TO NOTE:
Tujuan mendekatkan diri ke Tuhan bukan supaya "memperbesar kemungkinan lolos" tapi supaya kita semakin percaya dan punya iman bahwa apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik. Sebab belum tentu kelulusan di SBMPTN ataupun UTUL akan membuat hidup kita jauh lebih baik. Kita sebagai manusia engga tahu yang terbaik, oleh sebab itu berserah dan biarkan Tuhan yang bekerja adalah satu-satunya jalan yang bisa kita tempuh ketika kita telah berusaha.

SEINDAH PELANGI SEHABIS HUJAN
Tepat 13 Juni jadi hari dimana mental gua diombang-ambingkan. Gue gatau harus gimana, yang jelas gua cuma bisa pasrah sama Tuhan hari itu. Gua masih belajar untuk siap untuk menerima kenyataan. Tanpa sadar, air mata gue seringkali jatuh di hari itu. Mood gue jelek. Gue menangis ketika gue mengingat segala perjalanan yang udah gue tempuh sejak hari gue memutuskan untuk menunda pacaran, mungkin itulah titik baliknya.

Pengumuman dibuka jam 3 siang, tapi grup kelas udah ribut sejak jam 2. Gua memilih terdiam dalam sunyi di kamar. Melihat jam HP, saat itu tepat pukul 14.35, gue mengisi waktu menunggu dengan berdoa dan berdoa sama Tuhan. Gua curahin hati, semuanya, kekhawatiran gue, gue nangis lagi. Yang ada dalam pikiran gua saat itu cuma dua, gua ga lolos, atau gua lolos di pilihan 3.

“Yang akan terjadi...terjadilah!”

Waktu tepat pukul 15.00 WITA. Gue langsung buka web pengumuman SBMPTN. Awalnya down, gua coba servernya ITB, UGM, UI, ngedown, sampai gua coba server Untan LANCAR. Sampai gua coba ngetik nomor peserta, tgl lahir dan captcha yang ada. Gak sadar gua ngetik sambil nangis sesenggukan.

“Aku emang bodoh, aku engga pantes. Tuhan, maaf kalo aku selalu berdoa ngotot, maaf aku serakah pengen lolos tahun ini, maafin aku yang cuma berdoa saat aku ada maunya, aku bakalan terima hasilnya, inilah akibat perbuatanku selama ini”
.
.
.
.
.
.
.
(gue klik 'cari')
.
.
.
.
.
.
.
.



HAHH...
YAAMPUNN TUHAN..
.
GUA BENERAN JADI ANAK UI
.
Gue coba refresh. HASILNYA SAMA.
Gua sama sekali gak bisa ngungkapin hari itu dengan kata-kata. Tangis sedih mendadak jadi senyuman. Senyuman tertulus yang pernah gua buat. Gue takjub, 3800 orang mendaftar jurusan ini di tahun 2017, ditengah kuota yang cuma 70. Sungguh, ini mukjizat buat orang yang enggak maksimal di SBMPTN seperti gue.
.
"Mah, kayaknya mama perlu siapin uang deh, aku harus ke Jakarta"
"Lah, mau ngapain ke Jakarta" 
"Mau kuliah, aku lolos UI"
.
Bener aja, sore itu mungkin akan jadi sore terindah di tahun 2017. Setelah pengumuman gua teringat quotes yang selalu ditekankan. "Usaha tidak akan mengkhianati hasil" dan itu terjadi! Gua berhasil mengubah nasib gua. Dari yang awalnya dodol sampai...gua gatau harus ngomong gimana. Terutama, makasih pada Tuhan yang udah ngasi gue kesempatan untuk jadi manusia yang lebih baik lagi.

PENGUMUMAN UTUL
Selang tiga hari yaitu tanggal 16 Juni, pengumuman UTUL UGM dibuka. Wah untuk UTUL UGM ini mah gue pasrah aja. Jika gue berkaca pada jumlah soal yang gue jawab dibandingkan rival-rival gue, ya jelas gue sedikit. Berhubung gue udah dapet jurusan yang gua mau. Ada satu titik dalam hati gue yang berkata

"Udahlah, kasi orang lain aja, dia lebih butuh dari gue"

Jam pengumuman sempat beberapa kali ditunda hingga kira kira pukul 23.00 WITA. Pengumuman bisa diakses. Gua login akun di web UTUL UGM, terus gua cari tab hasil, dan hasilnya
.
.
.
.
.



HAH? MANAJEMEN? KOK BISA??
Gua expect maksimal dapat pilihan kedua, tapi.... gue gak ngerti lagi. Manajemen UGM juga lebih ketat dari jurusan gue di UI. Gue makin bingung harus milih yang mana dan ngebuang yang mana. Sumpah gue kasihan sama orang yang bener-bener ngedambain Manajemen tapi harus diambil oleh gue yang notabene 'asal' milih jurusan ini, tapi mau gimana. Gue sebagai manusia cuman bisa mencoba berbagai kesempatan yang ada.

Singkat cerita, setelah gue pikir mateng-mateng, gua tetep pada cita-cita lama gua yaitu sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia.

THE LAST WORDS
Tuhan bener bener ngasi hadiah terindah buat gua. Kita semua pasti sering denger statement kuno, “Ga ada yang mustahil kalo kita mau berusaha”. Ternyata statement itulah yang ternyata beneran KEJADIAN sama gua. Sebuah statement yang gak memandang latar belakang lo sama sekali. Modalnya cuma usaha, doa, dan konsisten terhadap tujuan. Gua inget banget sebenarnya semua usaha yang gua lakuin bukan karena gua optimis, tapi justru karena gua pesimis dengan kemampuan gua makanya gua mikir harus berbenah lebih baik lagi. Akhirnya usaha bener bener ga mengkhianati hasil. Gua termasuk orang yang beruntung dimana usaha gua lancar-lancar aja tanpa kegagalan karena gak sedikit cerita temen-temen dimana mereka sudah usaha mati-matian tapi justru gak lolos dimana-mana dan gua sendiri bingung apa sebabnya.

Akhirnya, sampailah kita pada penghujung tulisan ini. Terakhir, gua pengen ngerangkum poin poin penting dari seluruh isi tulisan ini. Poin-poin inilah yang selalu gua pegang selama gua belajar dulu. Tujuannya sih supaya disaat lo menutup blog ini setidaknya lo sadar kalo lo gak buang buang waktu baca tulisan ini. Okee langsung aja

1. Belajar dari jauh jauh hari
Dengan begitu belajar lo gak bakal terburu - buru. Lo bisa lebih santai dan fokus ngedalemin materi satu per satu (karena Ujian PTN itu luas banget). Apalagi buat lo yang mau lintas jurusan ini ngebantu banget supaya belajar lo gak berpengaruh drastis terhadap akademis di sekolah lo.

2. Temukan metode belajar yang pas
Mungkin lo tipe belajar bareng temen supaya lo bisa langsung nanya kalo kesulitan atau lo tipe yang lebih pengen belajar sendiri supaya lebih fokus dan bisa ngebut materi. Kalo gua lebih nyaranin buat materi lo pelajari fokus sendirian (bisa dengan Zenius) lalu saat latihan soal lo bahas bareng temen temen lo.

 3. Jadi EFEKTIF
Gua lebih menekankan lo efektif di 2 hal. Pertama efektif waktu dimana jangan pernah buang buang waktu lo buat kegiatan yang menjauhkan lo dari persiapan masuk PTN. Kalo ada waktu senggang lo usahain belajar. Menurut gua, kelas 12 adalah masa masa paling gampang buat nentuin masa depan lo kearah mana. Jadi gaada yang namanya nunda - nunda belajar cuma karena males mikir, capek (itu semua cuma “batas” yg lo buat untuk diri lo sendiri yg bikin lo gak bisa berkembang). Kedua efektif belajar. Lo harus pinter pilah pilah mana materi yang bakal lo pelajari. Bisa dari indikator sering/engganya keluar (gua ini), yang paling gampang lo ngerti, ataupun yang paling ga lo ngerti (gua juga ini, makanya gua skip pelajaran bahasa dan tpa).

      4. Cari motivasi disaat lo mulai males (ga konsisten)
Motivasi ada dua, dari luar dan dari dalam. Motivasi dari luar contohnya dengan banyak baca dan nanya pengalaman orang lain, pengen ngebanggain orang tua, pengen ngalahin orang lain, sedangkan motivasi dari dalam contohnya keinginan dan ambisi lo untuk berubah jadi lebih baik dan kesadaran kalo target lo tinggi.

      5. JANGAN NGUMBAR di SOSMED
Bayangin kalo lo ngumbar aktivitas belajar lo, supaya lo dianggap orang ambis dan pinter, dan akhirnya lo malah ga lulus dimana mana. Malu gak ? (tidak berlaku bagi lo yg gapunya malu). 

6. Banyak Ikut TryOut Online maupun Offline
Supaya lo terbiasa mengatur waktu ngerjain soal, terbiasa dengan atmosfer aslinya (kalo TO Offline). Dari pengalaman gua, dari 5 TO yang gua ikutin di bulan Januari - Mei, gua masih sering deg - degan di dua TO pertama. TO selanjutnya puji Tuhan semuanya lancar.

7. Jangan lupakan Tuhan
Serajin apapun belajar lo, Tuhanlah yang bakal nentuin keberhasilan lo. Gua kasi tau aja, kesalahan terbesar gua dalam proses belajar gua yaitu selama gua belajar dari Maret 2016 - Maret 2017, gua sama sekali ga ngandelin Tuhan. Sekitar April, barulah gua sadar kalo gua sedang berjalan “sendirian” dan gua ngerasa ada bagian yang ga lengkap dalam diri gua. Dan setelah gua mau sepenuhnya percaya pada kuasa Tuhan, mau lebih membuka hati yang awalnya tertutup buat Tuhan, barulah batin gua lega.  Rasanya gua semakin siap menghadapi ujian apapun. Gua mulai ngerasa amunisi gua udah lengkap dan gua gak jalan sendirian sebab Tuhan menyertai gua.

Oke sekiranya itu aja tips dari gua, semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Buat yang mau nanya lebih lanjut boleh tinggalkan komentar dibawah. Semoga tujuan kalian tercapai dan satu pesan terakhir dari gua yaitu mau jadi apapun lo nantinya, itu tergantung dari apa yang lo lakuin SEKARANG. Jadi tutup blog ini dan START BELAJAR DARI SEKARANG


"Kerja keras akan mengalahkan bakat, ketika bakat tak mau bekerja keras," Panji Pragiwaksono


>>>UPDATE<<<
Mau tahu gimana rasanya jadi maba di UI?
Klik tulisan ini ya:
Coretan Kecil Mahasiswa Baru Kampus Kuning (Part 1)
Coretan Kecil Mahasiswa Baru Kampus Kuning (Part 2)

Komentar

  1. Sungguh seekor domba hilang yang telah kembali kepada gembalanya, puji Tuhan

    BalasHapus
  2. Turut bahagia untuk sainganku tercinta ;)

    BalasHapus
  3. Keren bgt ceritanya :''(( awalnya milih baca yg ini krn judulnya yg menarik, eh di pertengahan baca tbtb males krn ceritanya panjang bgt. Tapi pas udh baca part 2 ini ga nyesel loh, krn ceritanya menginspirasi bgt, smpe nangis baca nyaa :''(((
    Pokoknya stlh baca ini jadi lebih semangat dan mau mulai belajar lagi, krn kmrn gw gagal. Dan berharap tahun depan keterima di UI -kampusimpian- :''))
    Sekali lagi pokoknya terimakasih sudah menginspirasi yaaa :'))) god bless you always :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii udah berkunjung yaa. Semoga impiannya tercapai. Tetap semangat :)

      Hapus
  4. blog cerita terpanjang yg pernah gue baca dan gak mau skip meskipun mata agak pedih liat layar terus

    BalasHapus
  5. nagis sambil baca ini sekaligus takut, takut gabisa lulus thn depan. Doain ya ka biar jadi ank UI /, UGM juga!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gausah takut, intinya kamu belajar sungguh sungguh aja dulu, hasilnya serahin sama Tuhan :) semoga lolos yaaa

      Hapus
  6. kak, kalo ada yang baru belajar sbm dari januari, jadi cuma lima bulan aja belajarnya gimana kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja sih, kamu pelajari aja materi yg sering keluar AJA. Terus sekip materi yg kira kira bisa pake "hati nurani" pas SBMPTN (walau dikit sih). Terus banyak banyak aja ikut tryout buat tau kemampuan kamu. Jadi misal Januari PG kami sekian, kamu bisa proyeksiin kira kira pas SBMPTN (Mei) kamu bisanya berapa kira kira

      Hapus
  7. Hai kak�� namaku feni aku anak ipa lulusan th 2018 yang dengan gilanya berani ngambil sbmptn pilihan komunikasi ui,mkasiih kak udah bagi pengalamanya aku smpai nangis kak��(alay ya wkwkwk) tpi intinya aku juga jadi lebih semngat buat mnghadapi sbmptn 10 hari lagi, tunggu aku di fisip ui ya kak��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh pertama makasihh udah mampir ke blogku. Inget aja, jangan ada kata takut buat ngewujudin mimpi kamu. Selama kamu berusaha, apa yang orang/kamu liat sebagai hal gila bakal jadi kenyataan. Semangat belajarnya, SBMPTN tinggal seminggu lagi dan aku tunggu namamu di FISIP UI 😊😊

      Hapus
  8. Makasih kak,aku bkal terus smngat untuk ngeraih mimpi aku:)

    BalasHapus
  9. Gilak salut.the best motivator widiiww ampe nangis2 gue bacanya. Mantab ambisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeee terimss sudah berkunjunggg. Hahaha gak ambis kok skrg

      Hapus
  10. Terimakasih kakkkkk. Bikin nangissss

    BalasHapus
  11. Kakak beli xpedia apa vouchernya aj?

    BalasHapus
  12. Kak, sekarang aku kelas 12 dan tinggal ±30 hari sebelum tahun baru. Aku belum belajar sama sekali soal sbmptn.

    Aku kelas 12 Ipa. Apa ada saran kak??

    UN itu perlu dipelajarin ga sih kak??

    Apa ujian sekolah aja yg diutamain? (termasuk sbpmtn)

    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada waktu kok dekk, saran aku ya pertama kamu fiksasi tujuan kamu kemana, lebih dari satu juga gapapa. Kedua buat plan belajar, masalah bakal dijalanin atau engga belakangan, yg penting kamu udah ada pijakan untuk mulai start belajar darimana. Nah supaya mempermudah kamu buat ngejalanin plan itu kamu perlu ninggalin segala aktivitas yg ngehalangin kamu (mungkin termasuk ninggalin temen)

      UN itu bagi aku perlu dipelajarin karena masuk ijazah yg dibawa seumur hidup. Mau nilai UN nya di ijazah cuma (misal) 5?

      Ujian yg diutamain ya SBMPTN, kedua UN

      Hapus
  13. Terima kasih kak!
    Terima kasih buat saya nangis, terima kasih buat saya mikir keras, terima kasih buat saya sadar bahwa saya adalah kaum 'dodol' yang ngarep punya mimpi besar, tapi usaha masih nol.

    BalasHapus
  14. wahhh salut banget aku sama kamu kak!! sampee nangis aku baca nya:'(
    oh ya kak, kalau kita belajar sbmptn H-3 bulan apa itu ngak telat?;(
    tapi jujur kak susah banget ngehidupin semangat belajar untuk sbmptn :( pasti ada aja gangguan nya
    kalau boleh bagi tips untuk semangat belajar sbmptn dong kak :D

    BalasHapus
  15. Hai kak! Aku terinspirasi banget sama cerita kakak :))
    Maaf kak mau tanya, apa kalau lolos lewat utul ugm langsung ditentuin UKT 6? Seperti yang tertera di form pengumuman utul kakak. Mohon balasannya kak. Terimakasih sebelumnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewaktu pengumuman itu belum ada penentuan UKT. Aku cuma dapat email dari UGM untuk melanjutkan pendaftaran administrasi secara online, tapi aku engga lanjutin daftar secara online disana karena udah gak milih UGM lagi. Mungkin setelah daftar online itu baru diberitahu ukt-nya

      Hapus
  16. terima kasih kak :)
    entah kenapa, rasanya nyes banget waktu baca, semoga thn ini bisa jadi mahasiswa lagii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh ikutt seneng jugaaa, iyaa semangattt berjuangnyaa!! Gaada yg mustahil kokk

      Hapus
  17. Sumpah salut banget jafi pengen banget masuk ui tapi apadaya ketakutan ku ini dan biaya yg ga mencukupi semoga 2021 aku bisa masuk ugm atau ui doain ya ka . Semoga blog kk dapat dilihat byk dikenal orang aamiin

    BalasHapus
  18. terimakasih kak sudah berbagi kisah yang sangat memotivasi banget! Doakan aku bisa menyusulmu kak!

    BalasHapus
  19. Makasih bgt kak dengan artikel kk ini bisa ngasih motivasi untuk banyak orang. Saya fildza skrg kls 11 SMK jurusan keperawatan sy berniat untuk kuliah di UI jursn ilmu keperawatan tapi org tua sy ga meyakinkan kalau sy bisa masuk universitas tsb. Tp saat baca artikel kk ini dan bnyk artikel tentang pengalaman org lain bisa msk ptn saya bisa lbh termotivasi lagi saya yakin saya bisa saya bakal buktiin sm k2 org tua sy kalau sy bisa. Doain sy ya ka bisa tembus Fik ui nntinya. Makasih ka sukses terus untuk kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp jangan biarkan mimpimu hilang ya dik, percaya kalo setiap orang bisa masuk UI asalkan berusaha/ Semangat yahh, sambil belajar, sambil minta restu orang tua jugaa.

      Hapus
  20. Malam kak, mau nanya
    Lagi need help banget buat nentuin pemilihan prodi buat sbmptn 2020.
    Aku pengen banget ngambil S-1 Manajemen UGM, pilihan kedua kira2 yang aman apa ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah pertanyaannya, ya kan tergantung kamu lah yg disuka yg mana dan yg kira kira krketatannya dibawah manajemen ugm apa

      Hapus
  21. Hi kak, smoga dibaca ya.
    Kenalin aku Anjelina, siswi SMA kls 11 di salah satu sekolah di karangasem.
    Aku emang merasa salah jurusan sejak 1bulan masuk SMA, jdi aku ngambis buat ikut linjur dari sekarang, yah walaupun emang bener kata kk anak bali itu kental dengan tradisi "santai" bahkan temen"ku bnyk yg kurang tau ttg SNM atau SBM dll, disini aku semakin semangat untuk selangkah lebih maju dari mereka. Doakan aku ya kak. Aku akan menjadi pejuang lintas jurusan pada tahun 2022 nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baca semua komentar kok :)
      Wow, dari karangasem yaaa, pasti bakalan sulit untuk mertahanin konsistensi untuk gak bersikap santai di tengah lingkungan yang santai. Cuma bisa ngasi semangat dan doa ya, banyak2 cari2 informasi mengenai sbmptn dan cerita orang2 di internet kalo kondisi lingkungan memang masih kurang memungkinkan.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Thanks kak motivasinya , saya benar benar menangis baca ceritanya , doakan saya kak lulus STei ITB , amiin insya Allah 😊🙏🏻

    BalasHapus
  24. Fyii Blognya dabest bangett,,Dari blog ini gue belajar banyak hal tentang Perjuangan dll.ny. kenapa gue bacanya gadari dulu sih, baru baca pas mau pengumuman SBMPTN tanggal 14 Agustus 2020 besok serta pengumuman² mandiri lainnya😭😭
    Thx u very much kak Jeremy yg udah buka pemikiran gua jd lebih luas lagi. Ditunggu karya²nya lg kk👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou Very Muchh juga yahh udah baca sampe 2 part inii

      Hapus
  25. Tulisan kakak bener2 memotivasi gue, calon maba ugm 2023. Emang masih lama sih, gue aja masih kelas 10. Tapi gue pengen belajar jauh2 hari. Btw, gue juga mau ambil jurusan komunikasi kak. Makasih buat tulisannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow semangat yahh dijaga supaya semangatnya konsisten dan gak pudarr...kamu pasti bisaa

      Hapus
  26. Terharu, pas part pengumuman SBMPTN aku juga ikut, deg-degan.

    BalasHapus
  27. Kak, aku bener bener terima kasih sama kakak. padahal iseng nyari "blog cerita masuk ui" terus blog ini ada pilihan pertama dan langsung aku klik. dan wow. kakak berhasil banget bikin aku nyadar betapa aku buang buang waktu SMA ini, thanks a lot! bagus banget tulisan kakak, waktu pengumuman sbm itu hati aku nyess, dan kerasa banget huhu semoga tahun 2022 aku bisa nyusul ILKOM UI ya kak! aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh seneng banget deh kalo ada yang nyadar, semoga bermanfaat untuk ke depannya yahhh.. Ditunggu di Ilkom UI hehehe

      Hapus
  28. Artikel imi berhasil buka pikiran aku, makasih kak jeremy,

    BalasHapus
  29. nangis banget bacanya bener bener sadar kalo mimpi gue tinggi banget padahal pinter juga engga, gue termotivasi banget si bang, gue jadi ngerti kalo mimpi gue tinggi berarti gue harus mulai bagi jadi bagian bagian kecil baru bisa ngewujudin mimpi gue yang tinggi itu. Makasii banyak yaa bang😭

    BalasHapus
  30. Woi gue yang ANAK IPS aja males bgt belajar, udah kelas 11 pula, gue minder BGT liat anak ipa mati mati an buat masuk PTN yang banyak di minati anak IPS, asli gue nangis woii, sedih banget bacanya, kaget juga :( , tapi setelah di pikir pikir apa lo emang pinter tapi terpendam, lah gue emang bego anjer dari lahir keknya, GIMANA INI WOIIIII😭😭😭 panik

    BalasHapus
  31. Halo kak, aku juga pejuang SBMPTN linjur nih, tapi aku juga mau pertahanin akademik ku di IPA supaya dapet beasiswa kuliah nanti, kira-kira bisa gak ya?😥

    BalasHapus
  32. SERIOUSLY SAMA BAT KAYA GUA, gua Suka ngomong tapi karena bahasa atau tata kata nya yang jelek bikin orang² ga peduli ama gua. Basednya juga sama, (mau ga mau gua harus ngakuin) kalo gua pengen diakui sama orang. Gue juga dari ipa, belajar sbmptn udah dari awal kelas 12 bulan juni lalu. Dan lagi, gue sampe sekarang belajar karena pesimis yang nuntut gua biar lebih baik. And then, akhirnya gua kesini ya karena gua lagi pesimis. Gua takut usaha yang gua lakuin sia sia, atau gua masih sering ketakutan perjalanan gua bakal ga mulus kaya bang jer. But thanks for warming to remember God. Terimakasib atas berbagi pengalamannya🤝

    BalasHapus
  33. Terimakasih banyakkkkk buat kak Jereme, tulisan ini sungguh membuat gue jauh lebih termotivasi.
    Semoga tahun 2022 gue bisa lolos SBMPTN ke UGM. Aamiin...

    Semangat kuliahnya dan semoga kuliah kak Jereme dilancarkan dan dimudahkan. Aamiin...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coretan Kecil Mahasiswa Baru Kampus Kuning (Part 1)