Coretan Kecil Mahasiswa Baru Kampus Kuning (Part 2)





23 Desember 2018 
Hari dimana matkul 6 SKS itu menunjukkan nilainya
“B+”, itulah wujudnya 
5 Januari 2018
Hari dimana aku tahu hasil teman-teman terdekatku 
“3,9” atau “3.8”, begitulah katanya
  Sejak saat itu, gue merasakan bahwa dunia ini tak seindah kelihatannya

 
Ini adalah kisah lanjutan gue, mahasiswa baru yang telah menempuh semester keduanya. Bisa dibilang, gue ngerasa mengakhiri semester pertama dengan hebat. Kenyataannya gue salah besar, gue merasa akademis gue gak hebat. Walau gue berhasil mendapatkan cumlaude, namun margin nilai gue ke batas minimal cumlaude tidak terlalu jauh. Kalo kata kating (kakak tingkat) sih begini:

“Jer, lu sebisa mungkin besar-besarin nilai pas semester awal yaa, karena makin tinggi semester, makin susah dapetin nilai bagus”

Gue tipikal mahasiswa yang memasang target wisuda dengan IPK cumlaude, makanya gue sangat teramat khawatir kalo gak bisa mempertahankan IPK cumlaude gue saat (mungkin) IP gue di semester atas nanti anjlok (amit-amit). Sejak saat itu, gue mengisi liburan semester kali ini dengan re-think kesalahan-kesalahan yang gue lakuin di semester 1 yang lalu.

Semester 2: Transisi Maba ke Made (Mahasiswa Dewasa)
Awal-awal semester genap di UI biasanya dimeriahkan dengan dibukanya pendaftaran organisasi-organisasi bergengsi di UI. Apalagi kalo bukan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), baik tingkat Universitas maupun Fakultas. Sebagai alumni BWB dan telah mendapat kesempatan magang di BEM UI (Iya, cuma sepertiga dari anak BWB yang bisa magang, dan gue lolos :v), gue jelas diekspektasikan bakalan gabung BEM UI. Kenyataannya gue gak daftar kesana. Pas gue re-think gue mikir untuk pengen gabung organisasi supaya gue ‘berkembang’, tapi di sisi lain gue juga gak mau jauh dari sohib-sohib gue. Maka dari itu, gue memilih jalan tengah untuk gabung BEM FISIP UI 2018. Kenapa gak gabung Himpunan Jurusan? Kan malah lebih deket sama temen se-jurusan? Jawabannya, gue merasa lingkup Himpunan kurang gede aja. Singkat cerita, gue masuk Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018.

Orang yang diterma BEM akan dikirimkan twibbon ini

Gimana sih rasanya jadi anak organisasi?
“Kalian tahu kenapa IP cuma sebatas sampe angka 4? Karena 96 lagi hanya bisa kalian temukan di luar kelas”
“Semua mahasiswa UI mendapatkan fasilitas yang sama rata, tapi kenapa ada mahasiswa yang ‘lebih sukses’ dibanding mahasiswa lainnya?”

BEM FISIP UI 2018

Keseringan denger kata-kata motivasi dari orang-orang random yg gue temuin di UI bikin pola pikir gue berubah. Ini ngebikin gue bener-bener pengen fokus ngembangin diri gue, walau tetep memprioritaskan akademis bakal jadi tantangan berat buat gue. Katanya sih, salah satu cara mengembangkan diri adalah dengan ikut organisasi seperti BEM. 

Kunjungan ke UI Career Expo 2018

Sebagai orang yang belum pernah ikut organisasi, di BEM sendiri gue dikelilingi orang-orang yg udah berpengalaman baik di Osis maupun organisasi lainnya. Biasanya orang-orang yang udah berpengalaman inilah yang bakalan banyak “nyerocos” kalo misal ada rapat proker atau sejenisnya. Orang-orang kayak gue mah tinggal dengerin, komentar, dan ngasi ide atau pendapat (yg mudah dipatahkan) abisnya gue gatau. Dari ngedenger atau ngeliat langsung gimana temen BEM mecahin masalah, kita yang awalnya gak tau jadi tau, which means soft skill kita bakal bertambah.

Gak cuman pasif “meneladani” orang lain di BEM, BEM adalah tempat pertama gue memegang jabatan besar dalam sebuah proker/kepanitiaan. Gue yang biasanya cuma nangkring di staf doang (efek baru mulai kepanitiaan sejak kuliah) tiba-tiba diberi posisi Project Officer (Ketua Pelaksana) suatu proker. Gara-gara posisi-posisi tinggi ini, gue secara terpaksa berurusan sama yang namanya pre-proposal, proposal, SOP (Standard Operational Procedure), TOR (Term of Reference/Kerangka Acuan), dan surat menyurat hingga notulensi ‘ala’ organisasi. Kalo boleh jujur sebelum masuk BEM gue buta sebuta-butanya sama semua yang gue sebutin di atas, tapi untung di BEM seolah gue bisa belajar ngebuat itu semua. Contohnya ngebuat proposal yang gak boleh asal-asalan, harus pake PUEBI yang bener (EYD versi baru), kalimatnya efektif dan harus jelas, kalopun gak jelas harus bisa kita jelasin di RPP dan RDP.


RPP atau RDP dalam sebuah gambar

RPP? RDP? Apaan tuh? Gue gaakan jelasin kepanjangannya apa, tapi mirip lah seperti FPT (Field Proficiency Test). Gak tau FPT juga? Jadi sebelum suatu proker/kepanitiaan dilaksanakan, wajib hukumnya melewati suatu tes untuk dicek “Kira-kira bakalan diapain ya kepanitiaannya?” atau “Ada inovasi apa yang bakalan dibawa kepanitiaan ini di tahun ini?”. Dari situ bisa dilihat seberapa “Mantap” suatu kepanitiaan berjalan. Kalo dirasa ada yang kurang, pasti para panelis (yang ngetes, pastinya udah berpengalaman) bakal ngasi saran-saran yang bisa aja gak pernah kepikiran di otak panitianya.

Pada akhirnya, setelah empat bulan gue ngerasain kehidupan di BEM, gue dapet lebih dari apa yang gue mau. Gue sendiri ngerasa emang lingkungan di BEM ini bener-bener ngebantu gue mengembangkan diri. Seperti biasa, ketika diberi tanggung jawab, gue selalu berusaha buat ngelakuin tanggung jawab itu sebaik mungkin. Ketika gue melakukan tanggung jawab dengan baik, apalagi tanggung jawab itu di dalam BEM, orang bakalan gampang ngeliat kapabilitas gue (karena orang gampang ngeliat hasil karya kita) dan gue akan dengan mudah direkrut ke kepanitiaan-kepanitiaan lainnya di dalam maupun di luar BEM. 

Contoh Perekrutan Panitia (Close Recruitment)


Social Life

Pukul 02.00 WIB, Universitas Indonesia

Gue baru ngejelasin social life gue di semester kedua karena memang social life di semester satu gue gak bagus-bagus amat. Pas semester satu, sebagai anak rantau dari Bali gue literally mulai social life dari nol dan gak kenal siapa-siapa (cuma satu orang yg sesama anak Bali). Gue mulai social life gue berantakan, gue gatau mau gabung sama siapa. Hasilnya gue berusaha gabung sama temen-temen kepanitiaan atau lomba yang gue ikutin. Di satu sisi, gue gak selalu cocok sama mereka. Misal nih, gue sering ikut ngumpul sama cowok-cowok tukang ngerokok (gue ga tahan rokok, kenapa sih anak FISIP banyak yang ngerokok? -_-). Selain itu, kalo asal gabung gitu gue sering gatau mau ngomong apa karena topiknya gak nyambung. Lama-lama gue serba salah juga, gue bingung harus gabung sama siapa. Salah satu cara mengatasi kesepian gue adalah gabung banyak kepanitiaan untuk sekedar “punya temen” ngumpul sepulang kuliah.


Paskah PO UI bersama PO FISIP-FIA UI

Beruntung, kegelisahan gue gak berlanjut di semester dua. Gue akhirnya mendapatkan peer group (cari di google kalo gatau). Prosesnya simple aja, cuma kumpulan orang (termasuk gue) yang karena sifatnya cocok, kalo ngobrol nyambung, jadinya sering bareng, eh keterusan sampe buat multi chat. Sejatinya, kalo udah di UI, yang namanya nge-peer, ngeblok, dan “ngelompok” adalah sebuah gaya hidup yang sulit dihindari. Orang yang gak punya peer dan biasa keluar masuk peer bakalan dijuluki “partikel bebas” yang biasanya memiliki tingkat social dependent yang rendah. Enaknya punya peer sih banyak, kita jadi punya temen bareng, gak ngerasa sendirian lagi, dan kebetulan semuanya seiman jadi bisa diajak gereja bareng. Kalo diajak pacaran gimana? Hmmm susah sih kan udah masuk peer-zone (menjerit dalam hati).

 
With Ma Freund
Kalo udah di UI apapun bisa terjadi. Seumur-umur, baru semenjak semester dua di UI gue sering banget nge-date berdua sama cewek. Gue pengen deh ngubah blog ini dari jomblonity menjadi singlenity karena memang gue gak sengenes dulu. Gue bahkan punya ‘temen jalan’ rutin tiap malam minggu sama seorang cewek, walau karena suatu hal kita cuman sebatas ‘temen jalan’. Bicara percintaan, masalah gue sama kayak dulu yaitu kebanyakan teori dan gak ada aksi. Gue punya ketakutan semisal kita ngedeketin temen, terus dia gak suka, dia bakal ninggalin kita (kalo punya tips tolong di kolom komentar). Ketakutan ini yang selalu membuat gue gak bisa deketin cewek yang gue suka, entah sampai kapan hal ini akan terjadi.


Katanya Gak Puas Sama IP? Terus Gimana Akademisnya?


Pantai Melasti - Januari 2018
“Gue mau nulis wish gue di pasir. Liat aja kalo wish itu diterpa ombak, pasti wish itu akan jadi kenyataan”

Gue tulis wish pertama gue terkait kisah cinta gue
Sayangnya, wish itu sama sekali gak bersentuhan dengan ombak
Gue tulis wish kedua gue, “IP 3.8”
Sayangnya, wish itulah yang akhirnya diterpa ombak

Kalo dibilang makin “mau belajar” (gue gak mau dibilang ‘ambis’), gue bisa dibilang semakin “mau belajar” di semester dua. Apalagi setelah tahu pahitnya IP tak sesuai harapan. Bisa dibilang mayoritas maba yang baru ngedapetin IP pertamanya bakal berjanji menaikkan IP di semester dua. Gue pun sama. Berusaha aktif di kelas, sampai punya prinsip “Pokoknya, gue harus dapet sekali ‘angkat tangan’ (buat ngejawab atau bertanya) di semua matkul yang gue jalanin hari itu”. Tugas dan presentasi juga sama. Gue selalu rela-relain begadang supaya semua itu bisa gue lakuin secara maksimal dan gak mepet. Kalo kuis? Mau ada kunci, bisa nyontek, atau kuisnya take home sehingga bisa kerjasama, pokoknya gaada excuse, gue harus tetep belajar. 

Cheatsheet UAS (Emang disuruh dosen)

Pola pikir gue sederhana aja. Temen-temen gue anak UI rata-rata pada pinter, sedangkan gue ngerasa gak pinter jadi ya gue paksain belajar. Contoh lain misal kalo presentasi, anak UI lain pinter improvisasi sehingga presentasi dia tetap bagus walau minim persiapan, sedangkan gue harus rela begadang sampe dini hari supaya presentasi gue sebagus mereka. Gue emang dari jaman SBMPTN tipikal orang yang gak mau kalah. Walau kehidupan BEM juga gak santai-santai amat, tapi sebisa mungkin kalo ada waktu luang gue pake buat menyelesaikan urusan akademis gue. 

Hasilnya gimana Kak Jer?

Kelompok Teori Komunikasi, Kelas Mbak Donna

Mengecewakan! Kalian pikir dengan segala usaha gue di atas IP gue bakalan naik dengan mudah? Sayangnya yang terjadi malah sebaliknya. Bener kata kating kalo semakin atas semester kita, semakin sulit matkul yang ada. Lantas apa yang harus gue lakuin kalo kita udah berusaha mati-matian tapi nilai kita tetep kecil? Yang pasti “Aku gak mau belajar lagi” bukan jawaban yang tepat. Gampangnya, kita harus punya pola pikir gini

“Kalo kita belajar aja dapat nilai kecil, apalagi kalo gak belajar”



H-2 UAS Matkul 6 SKS

Sama kayak dosen. Ngeluhin dapet dosen pelit bukan solusi yang tepat. Itu emang tergantung keberuntungan kita pas SIAK WAR. Makanya, mau gak mau yang bisa kita lakuin cuman berusaha dan berdoa semoga dapat dosen baik. Berusaha dalam artian mungkin bisa ajak temen atau peer belajar bareng H-1 kuis, minjem tugas temen buat dilihat “pola”nya (bukan nyontek lho ya), dan usaha-usaha lain yang bisa kita lakuin. 

Akhir Menjadi Mahasiswa Baru 
Pada akhirnya, gue mengakui bahwa perjalanan gue sebagai seorang maba dipenuhi dengan berbagai hal yang gak terduga. Walau begitu, gue bersyukur dikasi Tuhan kesempatan untuk menjadi maba di UI dengan atmosfer kompetitifnya yang luar biasa bikin gue ingin terus melangkah lagi dan lagi. Gak bisa dipungkiri, gue melakukan banyak kesalahan selama semester satu dimana gue terlalu santai sama akademis gue sendiri. Beruntung gue punya temen-temen yang hebat yang selalu bikin gue terus inget untuk gak menyerah pada keadaan dan terus memperbaiki diri.

“Jeremy ini kayak kuda. Dia gak bakal jatuh pada lubang yang sama untuk yang kedua kalinya”, kata wali kelas gue pas kelas 6 SD. 

Hasilnya? Gue seneng dengan apa yang gue lakuin di semester dua. Semester dua juga ngajarin gue gimana cara bagi waktu antara organisasi, kepanitiaan, social life, dan akademis yang sulit gue lakukan selama semester satu. Bener kata orang, pengalaman adalah guru terbaik. Intinya percaya aja, kalo kamu udah jadi mahasiswa, kamu pasti bakal ngalamin hal-hal unik yang sama sekali gak kamu duga. Seperti biasa, masih banyak yang ingin gue ceritain, tapi supaya gak kepanjangan, mungkin foto-foto dibawah bisa ngegambarin apa yang gue rasain selama menjadi maba semester 2.
Kunjungan ke Sekolah Master
Rapat Kerja BEM FISIP UI 2018
Dokum di Malam Penganugrahan Mapres FISIP UI
Kunjungan ke PBKM FEB UI
Jalan-jalan ke Paris Van Java Bandung



 Thanks for reading ._.7

Komentar

  1. Menarik kak, memberi saya gambaran bagaimana kehidupan awal perkuliahan di UI, btw salam kenal kak, saya baru mau masuk Agustus nanti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat dan semangat menjalani kehidupan kuliahnya!!

      Hapus
    2. Halo kak, apa kabar? Saya harap kakak baik2 aja. Ternyata dunia sempit ya kak, kaka waktu itu ternyata jadi mentor kelompok saya pas penyambutan dari POUI di Balairung. Mungkin kakak lupa, tapi saya kaget juga pas tau nama kakak, tapi saya belum berani langsung bilang ke kakak. Semangat ya kak kuliahnya, mudah2an nanti kita bisa ketemu lagi dan ngobrol banyak. God bless ya kaa, sukses selalu 😊

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Wahh kebetulan yg super kebetulan, haha aku lupa sih wajahmu yg mana yaampun jadi takutnya kalo ketemu pun gak sadar. Yaudah gak papa lah, nanti jangan males males lah ya ikut krgiatan po fakultas kamu wkwkwk

      Hapus
  2. lagi galau mau ikutan oprec bem yang mau ditutup beberapa hari lagi, akhirnya browsing dan baca ini. jadi makin galau :")

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coretan Kecil Mahasiswa Baru Kampus Kuning (Part 1)

Diterima UI - UGM di Tahun Pertama : Tentang Ambisi dan Realita (Part 2)